SELAYANG PANDANG MAPABA




SELAYANG PANDANG MAPABA
Ditulis oleh: Nihayatul Khusna
(Biro Kaderisasi Rayon Psikologi dan Kesehatan)

Masa Penerimaan Anggota Baru atau MAPABA adalah fase orientasi dan pengenalan awal PMII kepada mahasiswa, dalam rangka rekruitmen mahasiswa untuk menjadi anggota PMII. MAPABA merupakan tahap pertama dalam jenjang Pengkaderan Formal PMII
Secara umum, mahasiswa peserta MAPABA diharapkan menjadi anggota berkualitas MU’TAKID, yakni anggota yang memiliki loyalitas atau kesetiaan terhadap organisasi. Secara khusus, setelah mengikuti MAPABA anggota diharapkan: Memiliki keyakinan bahwa PMII adalah organisasi kemahasiswaan yang paling tepat untuk pengembangan diri mahasiswa Islam.
Memiliki keyakinan bahwa PMII adalah organisasi mahasiswa Islam yang paling tepat untuk memperjuangkan idealisme. Mengikuti Ahlu al-Sunnah Wa al-Jama’ah (ASWAJA) sebagai prinsip pemahaman, pengamalan dan penghayatan Islam di Indonesia.
MAPABA diselenggarakan oleh Pengurus Rayon atau Pengurus Komisariat. Penyelenggara MAPABA melalui Bidang Pengkaderan mengkoordinasi pelaksanaan MAPABA secara umum.
Peserta MAPABA adalah mahasiswa baru (semester pertama) atau maksimal mahasiswa semester empat. Pembatasan tersebut dimaksudkan agar nantinya anggota lebih memiliki kesempatan untuk berkembang.
Dalam Fakultas Psikologi dan Kesehatan, ada 3 tahap yang wajib diikuti mahasiswa untuk menjadi anggota PMII. Yang pertama, diskusi pra-Mapaba yang akan dilaksanakan 16-17 September 2019, yang kedua adalah screening mapaba yang akan dilaksanakan pada tanggal 23-25 September 2019. Terakhir adalah Mapaba yang akan dilaksanakan pada 27-29 September 2019.
Akan tetapi pasca Mapaba bukan lah menjadi akhir dari perjalanan para anggota yang baru mengikuti Mapaba, masih banyak proses yang harus diikuti oleh anggota-anggota PMII. Hal itu merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan kualitas serta kapasitas kader sesuai dengan peminatanya masing-masing. Diharapkan nantinya para anggota dapat menjadi kader yang dapat menjawab setiap tantangan yang dihadapi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tadabbur Alam: Ada Apa dengan Alam?

KAWAL PMII MENGABDI BERSAMA SEKOLAH ADVOKASI

Tadabur Alam : memupuk kualitas menumbuhkan loyalitas