[Berita Acara] Di Tengah Resah Kebijakan Wajib Ma'had, Rayon Psikes Sukses Gelar MAPABA ke-VIII

 

Di Tengah Resah Kebijakan Wajib Ma’had, Rayon Psikes Sukses Gelar MAPABA Ke- VIII



 


Semarang, 18/9/23 – Kebijakan wajib ma’had tidak serta merta menjadi penghalang atas keberlangsungan kaderisasi di Rayon Psikes. Dengan bukti nyata, MAPABA ke VIII kembali hadir menyapa sahabat sekalian. Yang mana pada kesempatan kali ini mengusung tema, “Terwujudnya Kader Rayon PMII Psikes Yang Kritis, Adaptif, dan Progresif Guna Menghadapi Tantangan Zaman.”

MAPABA merupakan kepanjangan dari Masa Penerimaan Anggota Baru. Suatu bentuk dari kaderisasi formal tingkat basic di PMII. MAPABA sering disebut sebagai gerbang utama pengkaderan di PMII, yang juga menjadi tonggak awal seorang mahasiswa mulai meniti dirinya berproses di rumah pergerakan sebagai anggota PMII.  Sehingga, tiap mahasiswa yang ingin menjadi anggota wajib melewati proses MAPABA terlebih dahulu.

Dalam MAPABA ke VIII ini, Rayon Psikes berhasil menghantarkan sejumlah 67 mahasiswa menjadi anggota resmi PMII. Jumlah yang bisa dibilang cukup fantastis bagi Rayon Psikes di tengah masa peralihan dari huru hara kebijakan wajib ma’had yang mengharuskan kaderisasi lebih meningkatkan struggle nya. Acara dimulai pada Jumat, 15 September 2023 hingga Ahad, 17 September 2023. Bertempat di Gedung SMPN 18 Semarang.

Sebuah kehormatan bagi kami, acara pembukaan MAPABA ke-VIII dihadiri oleh Bapak Moh. Arifin, S.Ag., M.Hum, selaku WD III Fakultas Psikologi dan Kesehatan. Beliau menyampaikan dalam sambutannya, “Dalam kehidupan bersosial di masa mendatang kita harus mempunyai relasi yang kuat dan tetap terjaga serta kompetensi diri yang baik. Oleh sebab itu, PMII menjadi wadah yang sangat tepat untuk kalian pilih. Tetap semangat, semua yang dibangun atas dasar rasa cinta tidak akan terasa berat.”

“Puji syukur alhamdulillah saya haturkan karena dengan rahmat-Nya MAPABA VIII Rayon Psikologi dan Kesehatan telah usai dilaksanakan, sebagai bentuk ikhtiar kita untuk menjaga warisan ulama' dalam organisasi berbasis gerakan dan kaderisasi yakni PMII. Ucapan terima kasih dihaturkan kepada semua lini yang telah ikut andil menyukseskan acara ini, dan saya ucapkan selamat kepada peserta yang telah sah di baiat menjadi kader mu'taqid. Semoga ilmu yang diperoleh bisa di implementasikan pada kehidupan sehari-harinya.” Pesan Sahabat Ahya selaku ketua pelaksana MAPABA ke VIII.

Pesan dan kesan juga disampaikan oleh Sahabat Ilham selaku Almapaba terpilih, “Senang dan bersyukur ikut mapaba karena saya mendapatkan ilmu baru, teman baru, dan tentunya pengalaman yang akan terkenang. Selain senang ada sedih dan menegangkannya juga sih. Sedihnya itu karena kita belum bisa mapaba dengan full bareng se-angkatan karena ada yang ma'had dan menegangkannya itu saat menjelang sesi bai'at, karena belum tau mau diapakan kitanya. Semoga tahun depan seangkatan bisa jadi 1 MAPABA-nya. Lalu menurutku anggota kelompoknya juga kurang banyak si kak, malah kebanyakan jumlah kelompoknya. Pokoknya sukses dan lancar buat MAPABA 2023 kemarin, MAPABA 2023 keren, semoga MAPABA 2024 lebih keren.”

“Seru, sedih dikit, banyak perubahan yang dirasakan setelah pembaiatan, keren pol.” Ujar Sahabat Imam Aqil, selaku peserta MAPABA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tadabbur Alam: Ada Apa dengan Alam?

KAWAL PMII MENGABDI BERSAMA SEKOLAH ADVOKASI

Tadabur Alam : memupuk kualitas menumbuhkan loyalitas